Kamis, 27 Februari 2014

Teknologi Robot Lansia

           Hei, kawan-kawan muda yang berada diseluruh pelosok Indonesia. Hari ini saya seperti biasa akan melakukan salah satu tugas mingguan kuliah saya yaitu wajib ngepost satu  postingan agar bisa lulus mata pelajaran Teknologi & Masyarakat :D.
           Oke kali ini saya akan ngepost tentang teknologi yang diterapkan di negeri sakura yaitu Jepang. Jepang memang dikenal sebagai salah satu pusat perkembangan teknologi yang sangat pesat dalam hal teknologi ICT di Asia bersama dengan Cina.  Di Jepang orang tua yang berumur lanjut sangatlah dihormati dan disegani oleh karena itu jarang orang tua yang terlantar di negeri Jepang berbeda dengan Indonesia kita bisa melihat banyak orang tua lansia masih mencari kerja di jalan meminta-minta duit karena sebagian besar ada yang diterlantarkan oleh anak-anaknya. Masyarakat Jepang memang terkenal ulet dalam bekerja sehingga memiliki waktu tidur yang lebih sedikit dibanding waktu untuk bekerja, oleh karena itu terkadang orang tua lansia dia sana sering mengeluhkan hal tersebut karena mereka membutuhkan teman untuk diajak berbicara dan diajak untuk membantu melakukan sesuatu.
            Untuk itu karena pemerintah Jepang sangat menjunjung tinggi bahwa orang tua harus dihargai dan dihormati, pemerintah pun tak segan-segan mengucurkan dana besar untuk membiayai pembuatan robot yang dikenal dengan sebut Nursing Robot.  Nursing robot ini nantinya diharapkan dapat mengganti peran dari pengasuh yang dijepang jumlah pengasuh sangatlah sedikit. Robot ini memang diciptakan agar bisa menjadi teman dari orang tua lansia tersebut serta dapat digunakan untuk membantu pekerjaan-pekerjaan yang tidak bisa dilakukan sendiri oleh orang yang sudah lansia dan sudah sakit-sakitan. 
             Nilai pembuatan ini ditaksir sekitar USD2,5 juta (sekira Rp24 miliar).yap memang bukan angka yang sedikit tapi yang perlu kita contoh adalah bagaimana masyarakat sana memiliki etika yang sangat baik terutama terhadap orang tua. Ketika robot ini sudah berhasil dan dapat mengatasi masalah yang ada di Jepang, pemerintah tak segan-segan menjual robot ini mengingat begitu besarnya peluang robot di pasar internasional yang akan menghasilkan pemasukan yang banyak bagi negara tersebut.
Berikut adalah gambar atau tampilan dari Nursing Robot.


               Memang Indonesia sangat ketinggalan jauh akan teknologi seperti ini akan tetapi kenapa kita negara Indonesia yang terkenal memiliki orang-orang cerdas didalamnya tidak dapat membuat hal seperti ini?. Bayangkan jika Indonesia dapat membuat teknologi seperti ini pasti orang tua lansia tidak akan merasa ditelantarkan di Panti Jompo dll akibat dari anak-anaknya yang sibuk bekerja dan tidak merawatnya dan satu lagi pasti banyak yang berpikiran kenapa tidak dimasukan Panti Jompo kan bisa berkumpul dengan sesamanya. Jawabanya adalah satu yaitu pasti mereka akan merasa sakit hati jika kita melakukan itu walaupun tidak ditunjukan secara langsung. Dengan adanya Robot ini orang tua bisa dirawat sembari kita sedang bekerja dan tak perlu khawatir apa-apa. Dan yang terpenting bisa mengurangi dosa yaitu tidak merawat dengan baik orang tua yang sudah melahirkan anaknya.
           Demikia postingan dari saya semoga dapat bermanfaat bagi kalian-kalian semua para penerus bangsa ini. Sekian terima kasih :D


Resources :
http://techno.okezone.com/read/2013/05/02/56/800942/pemerintah-jepang-siapkan-robot-perawat-untuk-lansia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar