Kamis, 20 Februari 2014

Kaki bionik

          Oke selamat malam para pengguna blogger yang sedang berselancar dan sekarang sedang berkunjung keblog saya :D. Pada kali ini saya akan menambah wawasan kepada kalian semua mengenai teknologi-teknologi yang dapat membantu kehidupan orang-orang yang tidak memiliki nasib seperti kita yaitu mempunyai anggota tubuh yang lengkap dan normal.
      Siapa yang tidak pernah mellihat orang-orang lumpah yang memiliki kaki tapi sudah tidak berjalan dengan baik dan terkadang kakinya sudah tidak ada alias di amputasi. Mereka hanya menggunakan kaki palsu yang terbuat dari kayu yang jika dipakai akan sangat berat sehingga susah untuk digunakan. Oleh karena itu diluar negeri banyak bermunculan teknologi yang diciptakan untuk menggantikan kinerja dari kaki tersebut nantinya diharapkan dengan pengetahuan ini memancing insan-insan muda indonesia untuk berkreasi menciptakan teknologi yang dapat membantu saudara-saudara kita yang lumpuh. Berikut beberapa teknologinya :
           1) Kaki Bionik
           Siapa yang tidak kenal dengan kaki bionik? Hampir semua pasti mengenak kaki bionik , salah satu teknologi yang menggunakan sistem kinerja seperti robot. Kaki bionik memang sengaja didesain dengan berat yang ringan sehingga dapat  mempermudah kinerja manusia yang menggunakanya. Bentuknya serupa dengan kaki tapi didesain seperti kaki robot yang dibuat menggunakan mesin-mesin yang nantinya diprogram agar geraknya bisa seperti yang dilakukan kaki manusia. Kaki Bionik ini nantinya dibuat terhubung dengan otak sehingga memang betul gerakan yang dilakukan sesuai dengan keinginan otak kita dan memang cara kerja ini sangat mirip dengan cara kerja kaki manusia pada umumnya.
            2) eLegs
            Ini merupakan teknlogi yang dikembangkan oleh pentagon yaitu salah satu lembaga keamanan amerika serikat karena banyak tentara amerika yang pulang dari medan peperangan kehilangan kaki mereka. Teknologi ini pada umumnya sama dengan kaki bionik tapi lebih canggih dan lebih bagus. Mengapa? karen bentuknya seperti pakaian sehari-hari sehingga tidak terlalu menyulitkan pengguna karena baju ini bentuknya seperti endoskeleton sehingga sangat membantu para penderita lumpuh untuk melatih otot-otot yang sudah kaku pada kaki bawah. Seperti yang sudah saya bilang teknologi ini sama seperti kaki bionik yang mengkoordinasikan antara kaki robot dan otak sehingga sangat membantu dalam penggunaanya. Akibatnya teknologi merupakan salah satu teknologi yang sangat membuat decak kagum pada saat kemunculanya dihadapan umum.

        Demikian beberapa teknologi yang dipergunakan untuk membantu orang-orang yang bernasib tidak seperti kita yaitu kaki mereka tidak berfungsi dengan baik bahkan ada yang harus kehilangan kaki. Oleh karena ittu kita sebagai orang yang normal harus berinovasi untuk menciptakan hal-hal yang baru yang dapat digunakan oleh mereka :) . Sekian post dari saya.


SUMBER :

            

          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar